3 Tren Bahasa Pemrograman Yang Perlu Anda Pelajari Tahun 2020

| |

Adanya bahasa pemrograman dan coding komputer telah membuat kehidupan manusia jadi jauh lebih mudah. Sebab, penerapannya dapat ditemukan di berbagai aspek aktivitas manusia seperti kendaraan, perbankan, perlengkapan rumah tangga, sekolah, rumah sakit, dan sebagainya. Nah, berbicara soal bahasa pemrograman, apa saja tren bahasa pemrograman yang akan terus dibutuhkan di masa depan demi mewujudkan berbagai produk canggih untuk kemajuan teknologi?

Dalam ulasan berikut ini, Anda bisa temukan 3 tren bahasa pemrograman yang sangat direkomendasikan untuk Anda pelajari. Apa saja, ya?

Python

Python masih menjadi bahasa pemrograman terbaik yang perlu dipelajari developer tahun ini dan seterusnya. Selain mudah dipelajari, Python juga memiliki kode yang terstruktur dengan apik sehingga cukup powerful untuk digunakan dalam membuat aplikasi web yang baik. Penggunaan Python sendiri dapat diaplikasikan untuk aplikasi web dan desktop, aplikasi desktop berbasis GUI, machine learning, server jaringan, dan data science. Belum lagi, bahasa pemrograman ini juga punya dukungan komunitas yang luas, serta memiliki beragam perpustakaan, framework, dan modul open-source yang jelas akan memudahkan proses pengembangan aplikasi.

Kotlin

Kotlin merupakan bahasa pemrograman umum dengan type inference serta didesain agar sepenuhnya bisa digunakan juga dalam Java. Terlebih lagi, Kotlin juga digunakan sebagai bahasa pemrograman pertama Android sehingga tak diragukan kalau Kotlin punya banyak fitur yang dibutuhkan developer, terutama kemampuannya dalam mengombinasikan fitur-fitur berorientasi objek dan pemrograman fungsional di dalamnya dengan mulus.

Kemampuan Kotlin untuk digunakan di dalam Java dapat mendukung proses pengembangan aplikasi Android dengan lebih cepat. Apalagi, saat ini makin banyak bisnis yang mengembangkan aplikasi e-commerce, sehingga tren Kotlin sebagai bahasa pemrograman populer semakin meningkat. Kotlin juga mudah dipelajari, punya berbagai sumber daya open source, dan dapat digunakan untuk pengembangan Android, web, desktop, hingga server sekalipun.

Java

Menginjak umur 25 di tahun 2020, Java hingga saat ini masih menjadi salah satu bahasa pemrograman terpopuler, terutama yang digunakan untuk pengembangan aplikasi server-side. Di samping itu, Java juga merupakan opsi praktis untuk pengembangan aplikasi Android, terutama karena bahasa pemrograman ini dapat digunakan untuk membuat program dan platform yang sangat fungsional.

Dengan Java, developer bahkan tidak membutuhkan infrastruktur hardware khusus, sehingga mempermudah pengembang dalam mengelola dan menggunakannya. Selain itu, Java juga punya tingkat keamanan yang baik. Dari segi kemudahan untuk dipelajari, Java lebih mudah dipelajari dibandingkan bahasa pemrograman lain seperti C dan C++. Karena itu, tak heran kalau nyaris 90 persen perusahaan besar yang masuk daftar Fortune 500 dunia mengandalkan Java untuk aplikasi desktop hingga pengembangan backend mereka.

Terlepas dari umurnya, Java masih menjadi bahasa pemrograman yang sangat stabil dan sepertinya masih belum akan pensiun dalam waktu dekat ini. Fakta tersebut menegaskan posisi Java yang masih tak tergoyahkan, bahkan dalam tren bahasa pemrograman tahun-tahun berikutnya.

Artikel Terkait :


Tags Article :
#TIPS DAN TRIK #TUTORIAL #ARTIKEL #TEKNOLOGI #INFORMASI #PENGALAMAN


Share Articles :